Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi

Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi Bawang putih hitam atau black garlic, kini menjadi bahan makanan sehat yang tengah naik daun. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar swalayan. Bawang putih hitam merupakan bahan makanan kuno. Pertama kali dibuat di Korea sekitar 4.000 tahun, dan kini kembali digemari oleh pelaku gaya hidup sehat maupun ahli gizi. Para ilmuwan juga telah menemukan banyak manfaat kesehatan yang tidak ditemukan dalam bawang putih biasa.

Selamat datang bagi anda di www.obatwalatraherbal.com, yang mana merupakan situs resmi distributor tunggal dan penjual produk walatra terbesar di Indonesia. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi.

Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi

Cara membuat bawah putih hitam fermentasi sendiri sebenarnya tidak sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran pada saat proses pembuatannya. Pembuatan Black Garlic membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 80 hari. Namun dalam prakteknya, proses fermentasi bisa dipersingkat yaitu hanya 40 hari saja. Memang , cara tersebut hasilnya akan sangat berbeda dengan yang diproses selama 80 hari.

Nah, sebelum melanjutkan cara membuat bawang putih hitam fermentasi, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang Khasiat Bawang Putih Hitam bagi Kesehatan. Berikut ini beberapa keuntungan mengonsumsi bawang hitam:

  • Tinggi Antioksidan

Sebuah studi “Antioxidant Effect of Garlic and Aged Black Garlic in Animal Model of Type 2 Diabetes Mellitus” menemukan, bahwa bawang putih hitam memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi ketimbang bawang putih biasa.

Tingginya kandungan tersebut, dapat digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes. Antioksidan sendiri mampu melindungi integritas sel dan telah dikaitkan dengan menunda tanda-tanda penuaan.

  • Memiliki efek diuretik yang kuat

Mengonsumsi bawang hitam baik untuk orang yang memiliki retensi cairan pada tubuhnya, misalnya pada penderita sakit ginjal dan penyakit edema.

Saat mengonsumsi bawang hitam dengan kondisi perut kosong, hal ini membantu Anda mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh.

  • Meningkatkan kolagen

Orang yang memiliki masalah kulit, seperti dermatitis dan jerawat dapat mengonsumsi bawang hitam. Selain itu, orang yang memiliki gangguan sendi pun dianjurkan makan bawang hitam.

Alasannya, bawang hitam mengandung tiosulphinate yang mampu meningkatkan produksi kolagen.

  • Menurunkan Kolesterol

Bawang putih hitam mengandung konsentrasi tinggi dari senyawa S-allylcysteine, yang telah ditemukan mampu menurunkan kadar kolesterol.

“Selama proses fermentasi, senyawa allicine (yang membuat bawang putih mentah berbau khas) berubah menjadi s-allcysteine. Penelitian juga menemukan, penurunan kadar lipid dan kolesterol pada tikus yang diberi diet bawang putih hitam.

  • Mencegah Kanker Usus

Sebuah 2014 studi yang dimuat dalam Spandidos Publications menemukan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar.

Hal ini menunjukkan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua mungkin dapat digunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker usus besar di masa depan.

  • Mengobati masalah pernapasan

Manfaat kesehatan lainnya yaitu untuk mengatasi masalah pernapasan diantaranya asma dan gejala alergi. Bawang hitam juga mampu mengatasi demam, laringitis dan faringitis.

  • Menenangkan saraf

Bawang hitam juga bisa menjadi pengobatan alami untuk mengatasi stres, menghilangkan rasa cemas, mengobati insomnia dan mengatasi perasaan yang buruk (bad mood).sumber : diolah dari berbagai sumber

Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi

Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi

Cara fermentasi bawang putih untuk menjadi black garlic atau bawang hitam adalah dengan memasuk kan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu antara 25 – 30 derajat selsius selama 40 hari atau 80 hari. Kita harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Cara lain, pembuatan black garlic dengan menggunakan magiccom yang dicolokkan ke listrik selama 24 jam selama minimal 40 hari, sebagian orang takut karena resiko konsleting listrik.

Cara Membuat Bawang Hitam Tradisional

  1. Pertama pilih bawang putih yang mulus dan segar.
  2. Siapkan Wajan tebal/teflon serba guna
  3. Beri alas dandang, yang berlobang lobang
  4. Susun bawang putih di atas alas dandang yang di letakkan di dasar wajan.
  5. Tutup wajan, masak 30-60 menit pakai api lilin/api paling kecil, tiap hari selama 20 hari

Setelah 10 hari bawang sudah berubah menjadi coklat, 15 hari makin gelap, 20 hari sudah menjadi hitam. Jika mau bersabar tunggu sampai 40 hari. Jika sudah hitam, letakkan bawang di tempat yang kering,hindari sinar matahari, setelah 20-40hari, sudah bisa di konsumsi.Namun bila ingin menghasilkan khasiat yang maksimal membutuhkan kesabaran pengolahan dilakukan sampai 80 hari.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini seputar cara membuat bawang putih hitam fermentasi. Semoga apa yang telah kami sampikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk anda. Salam sehat!

Nah, bagi anda yang kini ingin merasakan khasiat dan manfaat dari bawang putih hitam, anda tak perlu repot lagi untuk membuat black garlic dengan proses fermentasinya yang cukup lama. Karena kini anda bisa merasakannya secara praktis dalam Walatra Black Garlic Kapsul, produk kesehatan ekstrak black garlic murni dengan varian bentuk kapsul, yang kaya akan nutrisi dan khasiat. Baca Informasi Lengkapnya KLIK ⇒ Kandungan dan Manfaat Black Garlic Kapsul

Post by : Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*